Review Makanan

Resep Sambal Matah yang Menggugah Selera Makanmu

Retnamudiasih.com – Lidah orang memang terkadang unik. Rasanya ada yang hambar ketika makan tanpa sambal. Terkadang mengkonsumsi makanan pedas menjadi salah satu santapan wajib dalam setiap makanan. Apalagi dengan sambal dan nasi hangat atau memasak mie instan dengan bubuk cabai yang super pedas.

Adapun beberapa manfaat makan pedas untuk kesehatan, antara lain :

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Sistem imun tubuh yang kuat berfungsi untuk dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.Cabai dan juga paprika merupakan dua makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Kedua macam vitamin tersebut termasuk zat antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.


2 Melancarkan Sistem Pencernaan
Manfaat lainnya dari makanan pedas adalah dapat melancarkan pencernaan setelah tubuh Anda mengkonsumsi makanan berlemak, misalnya seperti daging merah.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Cabai selama bertahun-tahun diyakini bisa melkancarkan sirkulasi darah dalam tubuh hingga tubuh akan cepat mengganti sel-sel yang rusak.

4. Sebagai Anti Kanker
Beberapa penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihambat /dimatikan zat capsaicin dari cabai tanpa mengganggu sel-sel sehat di sekitarnya apabila kita secara teratur menkonsumsi makanan pedas.

5. Dapat Mengobati Flu Dan Hidung Tersumbat
Gejala flu bisa dihilangkan oleh capsaicin yang efektif membantu membuka jalan pernafasan, mengurangi sinusitis dan gejala-gejala flu lainnya. Capsaicin juga bisa membantu meningkatkan pengeluaran keringat yang secara tidak langsung mempercepat pengeluaran zat-zat beracun lainnya dalam tubuh

Tahukah kamu jika masing-masing daerah memiliki sambal khas? Seperti Sambal Matah yang merupakan sambal khas dari Bali. Tidak perlu ke Bali untuk menikmati sensasi pedasnya Sambal Matah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga  Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Goreng Tepung
Sumber : google image

Berikut bahannya :

3 siung bawang merah, iris tipis
2 batang serai (ambil bagian putihnya saja, iris tipis lalu cincang halus)
7 buah cabai rawit (iris tipis)
5 buah cabai keriting (iris tipis)
3 buah cabai hijau (iris tipis)
1 buah tomat (potong dadu kecil-kecil)
Minyak panas secukupnya
1 buah jeruk nipis (peras airnya)
Terasi bakar (haluskan, secukupnya)
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)

Cara Membuat: 

  • Campur semua bahan menjadi satu kecuali minyak kelapa.
  • Jika semua bahan sudah tercampur dan rasa garam maupun gula pas, panaskan minyak kelapa lalu siramkan ke sambal. Tambahkan air perasan jeruk nipis agar rasa sambal lebih segar.
  • Aduk rata kembali lalu sajikan.

Selamat mencoba yaaa!


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *