Review Buku

Review Buku & Quote : 13 Wasiat Terlarang! Dahsyat dengan Otak Kanan by Ippho Santosa

Retnamudiasih.com – Beragam perbendaharaan serba kanan akan dipreteli penulis satu per satu. Mulai dari gurauan, permainan, cerita, kiasan, kreativitas, visual, musik, intuisi, sintesis, empati, keramahtamahan, syukur, sampai pemaknaan hidup. Boleh juga dengar fatwa Thomas Friedman, seorang penulis yang sudah bolak-balik menenteng Penghargaan Pulitzer, Apabila Anda ingin mengasah kemahiran khas otak kanan, maka lakukanlah sesuatu yang Anda cintai.

Do what you love! Love what you do!

Yakin Anda pasti setuju dengan Thomas Friedman. Jadilah orang yang kanan! Detik ini juga! Be right! Right now!

1) Pertama-tama, tertawalah. RIGHT POINT #1 HUMOR

Humor atau gurauan merupakan salah satu keistimewaan otak kanan. Dengan tertawa karena gurauan, maka otak kanan akan berpikir. Tertawa bermanfaat bagi psikologis dan biologis seperti mengurangi kerasnya detak jantung akibat stress, dan lain-lain. Selain itu, tertawa juga bersanding dengan imajinasi, empati, keramahtamahan dan sintesis yang semuanya berakar pada otak kanan.


2) Bermainlah dengan Raja Namrud. RIGHT POINT #2 GAME

Permainan tak terpisahkan dari gurauan, cerita, kreativitas, imajinasi, dan intuisi yang semuanya juga berakar pada otak kanan. Anak kecil sanggup belajar sepanjang hari karena mereka belajar sambil bermain. Tetapi lihatlah guru, dosen, ulama, trainer, dan profesi sejenis lainnya, mereka menyampaikan materi yang kering, kaku, dan serba lurus sehingga sulit dicerna oleh audiensnya.
Nabi pun menggunakan gurauan dan permainan dalam menjalankan misi kenabiannya. Dan restoran fastfood McD juga menggunakan ikon dan permainan-permainan untuk menarik pengunjung.

3) Tidak perlu cantik, berceritalah. RIGHT POINT #3 STORY
Oprah Winfrey dan JK. Rowling memiliki kekayaan masing-masing mencapai US$ 1,3 M dan US$ 1 M, mengalahkan kekayaan Madonna, Celine Dion, Mariah Carey, Julia Roberts, JLo, dan artis Hollywood lainnya karena kekuatan bercerita mereka.
Untuk menjadi sukses, profesi apapun mesti membekali diri dengan kemampuan-kemampuan khas otak kanan, salah satunya dengan bercerita.

4) Tertawalah seperti binatang jalang. RIGHT POINT #4 METAPHOR
Gurauan berjodoh dengan permainan, cerita berjodoh dengan kiasan. Kiasan pun bersemayam di otak kanan dan merangsang muatan-muatan yang terkandung di otak kanan.

5) Bersoraklah, “Hidup kekurangajaran!”. RIGHT POINT #5 CREATIVITY

Baca Juga  Review Buku & Quote : Bukan Pasar Malam by Pramoedya Ananta Toer

Kreativitas bukanlah semata-mata menguras ide, tetapi juga soal berburu solusi, membalikkan cara pandang, menggebrak perubahan dan aktivitas sejenis.
Pada tahun 1978, Johnny Andrean menguangkan namanya menjadi 170-an salon dan 40-an sekolah salon di seluruh Indonesia. Tidak puas sampai disitu, dia semakin agresif melebarkan bisnis lainnya dengan mendirikan Bread Talk yang memiliki 23 cabang dalam 3 tahun dan J.Co gerai donat yang memiliki 13 cabang hanya dalam satu tahun. Semua itu berhasil diraih Johnny Andrean berkat kreativitasnya. Jika ingin sukses maka bukalah pikiran dan jangan takut menjajal cara-cara yang berbeda.

6) Abaikan Gutenberg, sambutlah Spielberg. RIGHT POINT #6 VISUAL
Desain, warna, dan visual adalah sepupu dari kreativitas. Sekarang ini, dimanapun dan oleh siapapun, desain digunakan untuk melejitkan sukses. Menurut saya memang benar, lihatlah industry ponsel yang berlomba-lomba menciptakan ponsel dengan desain yang indah, menarik, cantik, dan juga elegan.
Peranan desain dalam logo lebih hebat lagi karena logo dapat mewakili suatu merek produk sehingga dapat mudah diingat oleh orang.
Selain desain,warna juga termasuk deskripsi tugas otak kanan. Dengan warna, orang akan mudah membaca pesan dan mempertajam pengingatan. Ketika sederet barang dipajang di depan toko, maka lapisan yang paling terlihat oleh konsumen adalah warna, kemudian desain dan setelah itu barulah merek.
Visual tak kalah penting. Cakupannya lebih lebar daripada desain dan warna. Media visual saat ini lebih digemari masyarakat disbanding media tulis. Lihatlah televisi, film, dan game playstation lebih digemari dibanding koran, buku teks, ataupun novel.

7) Gumamkan jingle, senandungkan Lullaby. RIGHT POINT #7 MUSIC

Musik adalah bahasa universal yang diyakini dapat menembus dan membius semua kalangan. Banyak ustad dan musisi menjadikan music sebagai alat dakwah karena mereka mengetahui bahwa kiri mesti ditangkas dengan kanan.
Dulu, music dianggap aktivitas sekunder yang tidak layak dijadikan sandaran hidup. Tetapi sekarang, musik bukan sekedar gaya hidup, musik justru menjadi pilihan hidup. Meski di Indonesia penjualan album jeblok, insan musik tetap bisa mendulang rupiah berkat kreativitasnya. Cara yang mereka gunakan adalah dengan live performance, ring back tone (RBT), dll.

Baca Juga  REVIEW BUKU & QUOTE : Perempuan Bernama Arjuna By Remy Sylado

8) Lihatlah yang tak terlihat. RIGHT POINT #8 INTUITION
Untuk bisa berhasil menggapai tujuan, Anda perlu menentukan tujuan dan itulah deskripsi tugas otak kanan. Selanjutnya untuk mencari jalan pencapaian tujuan serahkan pada otak kiri. Walt Disney mengatakan, “My imagination, creates my reality.” Imajinasi merupakan cikal bakal realitas. Perpaduan antara kiri dan kanan akan menciptakan sebuah keajaiban. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengkhayal-pengkhayal yang berhasil menjemput masa depan dengan sumber-sumber masa kini.
Tetapi imajinasi saja tidak cukup. Agar berjaya dan digdaya, imajinasi mesti dikristalkan menjadi visi. Visi melihat sesuatu yang belum terlihat oleh orang lain. Orang kiri sejati sukar untuk berhasil, karena mereka risih dengan imajinasi, visualisasi, dan visi.
Dalam hidup ini, intuisi tidak akan bisa lepas dari diri manusia. Pemimpin, pengusaha, seniman, dan orang-orang kanan lainnya memerlukan intuisi untuk bisa membuat keputusan dengan cepat. Berbekal intuisi, Anda bagai melihat sesuatu yang tak terlihat oleh kebanyakan orang. Dengan intuisi yang terasah, mereka mampu mengupas dan menguliti problema demi problema.

9) Urailah lima jenis sintesis. RIGHT POINT #9 SYNTHESIS
Inilah wasiat yang paling jarang dijamah dan dijelajah. Orang-orang kanan tidak canggung dengan segala jenis sintesis karena otak mereka sudah terbiasa beroperasi secara menyeluruh (holistic), menyebar (difus), serentak (parallel), dan acak (lateral). Ada lima jenis sintesis yang merupakan perbendaharaan otak kanan, yaitu:
Pertama, generalist. Maksudnya adalah orang yang lihai dan piawai mengangkangi sejumlah bidang sekaligus.
Kedua, croser. Ini adalah tipe orang yang meninggalkan satu bidang, menyebrang ke bidang lain, dan berhasil di bidang baru tersebut.
Ketiga, tricker. Ini adalah tipe orang yang gesit menyongsong ketidakurutan, ketidakteraturan, bahkan ketidakpastian. Ia bagaikan melihat sesuatu yang tidak terlihat oleh kebanyakan orang.
Keempat, connector. Ini adalah tipe orang yang jago menghubungkan hal-hal yang mulanya tidak ada hubungan.
Kelima, detector. Inilah tipe orang yang jeli mengurai pola-pola kompleks.

10) Jangan berkata-kata sama sekali. RIGHT POINT #10 EMPATHY

Empati berasal dari salah satu sifat Tuhan, yaitu Yang Maha Mendengar. Empati tidak bersemayam di hati, tidak juga di jantung, melainkan di otak kanan, otak afektif, otak emosional. Kalau otak kiri itu memahami apa yang dikatakan, maka otak kanan memahami bagaimana sesuatu itu dikatakan.
Dalam dunia penjualan, empati sangat diperlukan untuk memenangkan hati konsumen. Penting bagi penjual untuk mendengarkan pelanggan bicara dan sanggup berpikir dalam perspektif pelanggannya. Dalil pertama yang harus diperhatikan adalah 3L (Listening, Learning, Leading). Dalil kedua, manusia manapun senang didengerin, bukan diceramahin. Dalil ketiga, camkanlah semua manusia hanya suka disolusiin, bukan dijualin. Dalil keempat, lebih seringlah mendengar ketimbang berbicara.

Baca Juga  Review Buku & Quote : I Can (not) Hear oleh Feby Indirani, San C. Wirakusuma

11) Booking tiket ke Bali & Jogja. RIGHT POINT #11 HOSPITALITY
Keramahtamahan (hospitality) merupakan salah satu inventori otak kanan. Untuk memasarkan suatu daerah, satu yang pertama harus dibenahi yaitu keramahtamahan penduduknya. Kemudian barulah infrastruktur, objek wisata, dan lingkungan.
Lihatlah Yogyakarta, apa yang istimewa disana…? Bandingkan dengan Bali atau kota-kota lain. Tetapi kenapa Jogja selalu menjadi magnet pelancongan di nusantara? Tentunya karena keramahtamahan orang-orangnya (hospitality) yang sukar ditandingi oleh kota-kota lainnya.

12) Jangan sekadar meminta, bersyukurlah. RIGHT POINT #12 GRATITUDE

Manusia harus bersyukur dengan apa yang sudah dimilikinya. Tetapi, jarang manusia yang pandai bersyukur. Pastilah Tuhan kesal karenanya. Padahal kita sebagai manusia mesti bersyukur bahwa kita masih diberi waktu. Apapun yang terjadi patut disyukuri.
Syukur dan sukses erat kaitannya. Syukur adalah anak tangga mutlak untuk mempercepat kesuksesan. Bayangkanlah harapan-harapan dengan penuh rasa syukur, seakan-akan sudah menerimanya. Dengan demikian, harapan akan segera diterima.

13) Akhirnya, ayonkan tongkat Musa. RIGHT POINT #13 MEANING
Setiap individu mesti memperjuangkan hidup dan menemukan makna hidup. Ini merupakan salah satu inventori otak kanan. Kalau seorang professional hanya memusingkan soal karir semata, berarti ia masih berada di tataran materialitas. Akan tetapi jika ia menjadikan karir sebagai sara untuk menafkahi keluarga dan membantu sesamanya, berarti ia sudah berada di tataran spiritualitas horizontal. Lebih jauh lagi, kalau dia melakukan itu semua sebagai wahana untuk beribadah kepada-Nya, berarti ia sudah berada di tataran spiritualitass vertikal. Inilah pemaknaan hidup yang tertinggi.


Tagged , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *