Event

Sebuah Pergelaran & Pameran Seni Busana WEARABLE ART

Retnamudiasih.com – Tepatnya sabtu 19 desember 2015 kemarin, saya dan teman-teman blogger berkesempatan mendatangi undangan dari dinas pariwisata dan kebudayaan kota Yogyakarta dalam acara pagelaran wearable art yang di selenggarakan di Harper Hotel Yogyakarta yang beralamatkan di Jl.P.Mangkubumi No.52. Meski saya pribadi tidak begitu tahu tentang dunia fashion tapi saya rasa acara pagelaran seni busana ini sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

h1
Cover undangan Wearable Art
komunitas-blogger-jogjakarta
Anak-anak komunitas blogger Jogja

Teman-teman pasti bertanya apa itu Wearable art? berikut akan saya paparkan sedikit tentang wearable art seperti yang telah dipaparkan oleh pembawa acara serta Ninik N-Workshop (selaku konsep dan desain busana)


h4
Pembawa acara serta Ninik N-Workshop

Sekilas tentang “Wearable Art” | Inspirasi dari Yogyakarta
Mengingat perkembangan dunia kreatif di Indonesia yang semakin pesat terlebih di kota Yogyakarta sendiri sebagai pelaku industri kreatif.Yogyakarta secara signifikan, bahkan tercatat sebagai wilayah yang memberikan kontribusi tertinggi di Indonesia dalam berbagai lini seni, kesenian, dan konten seni.

Fashion yang merupakan salah satu bagian dari kesenian yaitu seni rupa memiliki perkembangan yang cukup pesat juga di Yogyakarta,konten fashion dapat dipertontonkan, memiliki bentuk atau rupa yang dapat dinilai keindahannya.Secara harfiah, fashion juga dapat di artikan sebagai buah pikir seseorang yang dapat diimplementasikan dalam bentuk desain maupun barang siap pakai.

Konten fashion juga meruapakan hasil integrasi dari berbagai unsur seni, yang dapat dijadikan salah satu karakter suatu daerah dengan kata lain fashion juga dapat membentuk pribadi dan hal ini tidak lepas dari peran seorang desainer/perancangnya.Peran penting seorang desainer pakaian dapat memberikan pengaruh pada sebuah identitas pakaian, karakter, sekaligus citra tubuh penggunanya dan kini fashion sudah merupakan bagian dari lifestyle atau gaya hidup. Dengan fashion saat ini seseorang mampu menunjukkan kualitas gaya hidupnya.

Baca Juga  Kunjungan Kapolri, Pak Tito Karnavian Di Panti Asuhan Al-Idris Jogjakarta

Nah kurang lebih itulah sekilas tentang wearabale art, acara yang di gelar kemarin cukup ramai sekali.Tidak hanya warga lokal saja, bahkan banyak sekali saya jumpai para bule pun menyaksikan acara pagelaran seni tersebut, bagi saya pribadi yang notabene nya bukan pengamat fashion serta tidak berkecimpung di dunia seni budaya, agak melongo juga ya ikut acara seperti ini. Tapi menyenangkan bisa lihat para model dengan pakaian hasil rancangan Dwi Suwityantini N-Workshop Yogyakarta.

h10
Pagelaran Wearable Art
h6
Pagelaran Wearable Art
h9
Pagelaran Wearable Art
h12
Pagelaran Wearable Art

Pakaian juga menampilkan peran sebagai pajangan budaya (cultural display) karena dapat menunjukkan dan mengkomunikasikan afiliasi budaya pengguna serta makna yang menyertainya.

Saya pikir bakal menghabiskan wiken di hotel sampai acara kelar, keliatan banget kan jomblonya ­čśÇ tapi ternyata tidak, setelah beberapa sambutan Mb Ninik kemudian dilanjutkan pameran seni fashion kelar deh acaranya, kira-kira 08.30 acara usai.

Akhir kata, sebagai salah satu dukungan menuju heritage city/creative city, wacana wearable art juga merupakan upaya konkret untuk menyatukan,menjembatani wilayah budaya, tradisi,budaya populer dan seni/kesenian.


Tagged

4 thoughts on “Sebuah Pergelaran & Pameran Seni Busana WEARABLE ART

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *