Review Produk

Strategi Pemasaran Produk Online yang Efektif

Retnamudiasih.com – Strategi Pemasaran Produk Online yang Efektif. Perkembangan dunia bisnis yang semakin maju, membuat sebagian besar penduduk Indonesia mencoba keberuntungannya dengan melakukan bisnis sebut saja Usaha Kecil Menengah (UKM). Melalui UKM ini, para pelaku bisnis diharapkan untuk dapat lebih kreatif dan inovatif, dimulai dari menciptakan produk hingga memasarkan produk jualannya karena persaingan di dunia bisnis akan semakin ketat.

Strategi Pemasaran Produk
Source : unsplash

Di era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas online atau internet, oleh karena itu strategi pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis. Hampir semua kalangan dan semua profesi membutuhkan akses ke internet untuk memudahkan aktifitas mereka termasuk juga untuk kebutuhan bisnis.

Agar bisnis atau usaha kamu berjalan dengan mudah dan baik diperlukan adanya strategi pemasaran produk yang efektif dan ampuh. Salah satu strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu adalah menggunakan strategi marketing online yang efektif untuk UKM.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Membuat strategi pemasaran produk memang tidak mudah. Meski ada banyak contoh strategi pemasaran produk di luar sana, kamu tidak bisa sekedar meniru dan memodifikasinya begitu saja. Untuk membantu merancang strategi pemasaran yang tepat, berikut tips yang bisa kamu coba terapkan.

1.Mengenali Target Market

Pertama yang harus diperhatikan adalah siapa target market yang diincar. Kamu harus menentukan target pasar dari produk tersebut. Saat mencari target market, pertimbangkan siapa saja yang kemungkinan membutuhkan produk tersebut.


2.Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia bisnis. Penerapannya juga demikian. Mengingat hampir semua pelaku bisnis sudah menerapkannya, menerapkan strategi digital marketing kini bukan lagi sekedar pilihan.

Baca Juga  Tanya Jawab Ramadhan dengan Aplikasi Umma

Jika ingin memenangkan persaingan. Digital marketing tidak hanya sebatas melakukan promosi di media sosial atau aplikasi instant messenger. Search Engine Optimization (SEO). Pemasaran media sosial atau Social Media Marketing (SEM) juga harus dikonsep dengan baik. Karena karakter yang berbeda, pemasaran melalui media sosial biasanya dilakukan dengan membuat konten-konten yang menarik dan lebih soft selling.

3.Manfaatkan Influencer

Influencer memiliki peran yang besar dalam membuat strategi pemasaran. Dengan Jumlah follower-nya yang banyak pemasaran dengan influencer seakan sudah menjadi hal yang biasa.

4.Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Karena terlalu fokus pada akuisisi pelanggan baru, cukup banyak pelaku bisnis yang justru mengabaikan pelanggan lama. Padahal dari pelanggan lama inilah konsistensi pendapatan perusahaan sebenarnya berasal. Hubungan baik dengan pelanggan adalah investasi jangka panjang.

***

Strategi pemasaran produk yang terkonsep dengan baik akan menarik calon pembeli potensial sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Didukung dengan strategi bisnis yang tepat secara keseluruhan, maka kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Dengan melakukan pemasaran produk secara online, jangkauan promosi yang kamu lakukan akan semakin luas dan tidak terbatas, bahkan konsumen dapat dengan mudahnya menemukan produk yang kamu jual hanya melalui internet, mulai dari memilih produk, pembayaran bahkan kamu tidak perlu repot-repot lagi datang ke toko yang kamu inginkan karena adanya toko virtual tersebut.

Lalu bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran online yang efektif dan tepat untuk UKM tersebut? Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online bagi para UKM yang dapat kamu lakukan :

1.Memiliki Toko Virtual

Langkah yang sangat bagus untuk kamu lakukan dalam menerapkan strategi pemasaran melalui online adalah dengan memiliki toko virtual, baik milik sendiri atau melalui perantara. Tahukah kamu #MWNers, ternyata langkah tersebut dapat mempengaruhi strategi pemasaran online untuk tahap selanjutnya.

Baca Juga  Kelebihan Belajar Bahasa Mandarin Online di LingoAce, Program dan Kelas Berkualitas

2.Manfaatkan Media Sosial sebagai Media Promosi

Social media sangat berpengaruh besar dalam pemasaran suatu produk. Bayangkan saja, sampai detik ini jumlah pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya semakin lama semakin meningkat. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk jualanmu. Selain itu, di beberapa media sosial menyediakan fitur-fitur yang mampu mempermudah kinerja promosi iklan bisnis online kamu.3

3.Teknik Blogging atau Konten di Website

Strategi pemasaran online lainnya yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan teknik blogging atau konten pada website. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa melakukan promosi dalam bentuk tulisan. Kamu bisa membuat blog yang isinya penjelasan tentang produk jualan kamu. Hal ini dapat memberikan dampak yang bagus untuk pemasaran online bisnismu.

4.Menjalankan Email Marketing

Strategi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjalankan email marketing. Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan dan menarik perhatian calon konsumen bahkan masih mendapatkan respon yang cukup baik. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan strategi pemasaran bisnis onlinemu dengan metode ini.

5.Menggunakan Situs Penyedia Iklan

Untuk strategi pemasaran online yang kelima adalah menggunakan situs penyedia iklan. Kamu bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads dan masih banyak lagi. Melalui penyedia iklan tersebut, pengiklanan UKM akan semakin optimal sehingga dapat membantu traffic pengunjung ke toko online kamu menjadi semakin tinggi.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang efektif untuk UKM yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis onlinemu ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *