Wisata Alam, Wisata Candi & Budaya

Tempat Wisata Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Retnamudiasih.com – Semarang merupakan salah satu kota dengan kawasan industri yang cukup sibuk di Pulau Jawa. Semarang nyatanya juga kawasan yang sangat ramah untuk para wisatawan dengan segudang spot dan tempat wisata Semarang yang menarik.

Semarang adalah ibukota dari provinsi Jawa Tengah dan juga kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Tempat wisata semarang dapat dikatakan lengkap seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, wisata keluarga, dan wisata belanja.  Semarang sangat dikenal dengan bangunan gedung-gedungnya yang bersejarah dari peninggalan para kolonial penjajah yang berdesain khas Eropa. Gedung tersebut pun masih dirawat dan digunakan sampai saat ini.

Para wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai penginapan yang murah atau berbintang sesuai dengan kebutuhan. Lalu tempat wisata Semarang apa saja yang populer dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Semarang? Simak informasinya berikut ini:


1. Lawang Sewu

Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu, dinamakan demikian karena gedung ini mempunyai jumlah pintu yang banyak. Meskipun jumlah pintu yang sebenarnya tidak mencapai seribu, masyarakat terbiasa menyebutnya dengan Lawang Sewu.

Tempat Wisata Semarang Lawang Sewu
Lawang Sewu, Image by Instagram @lingakrsemarang

Lawang Sewu adalah gedung kuno yang dibangun pada tahun 1904 peninggalan kolonial Belanda. Dahulunya Lawang Sewu merupakan kantor yang sekarang dikenal dengan PT kereta api Indonesia. Kemudian pernah juga digunakan sebagai kantor komando militer dan kantor perhubungan. Namun pada tahun 1945 terjadi pertempuran angkatan muda kereta api dengan penjajah Jepang di Sekitar Lawang Sewu. Oleh karena itu, Lawang Sewu terkenal dengan sejarah mistis di dalamnya. Sehingga banyak orang yang menjadikan gedung ini sebagai tempat uji nyali. Masyarakat sekitar pun nyatanya juga sering merasakan ada makhluk tak kasat mata di Lawang Sewu ini.

Baca Juga  Wisata : Bunker Kaliadem, Dibalik Cerita Misteri Yang Kata Orang Ngeri

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid di atas lahan 10 hektar ini sangatlah megah dan menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2001 ini, setiap pemasangan tiang pancangnya selalu saja dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dunia dan duta besar dari negara arab saudi, mesir, Qatar, Kuwait, Dubai, dan Palestina. Arsitektur bergaya Jawa Tengah dan Islam ini membuat masjid tampak unik.

masjid agung semarang jawa tengah
Masjid Agung Jawa Tengah, Image by Instagram @joevahavid

3. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong terletak di daerah Simongan Semarang Barat. Klenteng ini merupakan bekas persinggahan pertama Laksmana Tiongkok Zheng He atau Cheng Ho yang beragam Islam. Saat ini klenteng Sam Po Kong dijadikan sebagai tempat pemujaan, tempat bersembahyang, tempat peringatan, dan tempat untuk berziarah. Hampir seluruh area klenteng digunakan untuk sembahyang, oleh karena itu tidak semua orang diperbolehkan untuk masuk.

Klenteng Sam Po Kong Semarang
Klenteng Sam Po Kong, Image by Instagram @wisata.sampookong

Bangunan kuil dikelilingi oleh pagar dan pintu masuk yang dijaga ketat petugas keamanan. Mereka yang ingin bersembahyang saja yang diperbolehkan masuk. Sedangkan wisatwan yang datang untuk melihat-lihat diperbolehkan dari balik pagar saja. Terdapat juga patung Laksamana Cheng Ho di halaman depan klenteng. Di halaman ini lah juga sering kali diadakan atraksi kesenian seperti barongsai, tarian, dan lainnya saat memperingati hari-hari besar.

4. Pantai Maron

Pantai Maron termasuk tempat wisata paling terkenal di Semarang. Letaknya berada di muara Sungai Silandak sebelah barat Semarang. Pantai Maron dapat ditempuh langsung dari Bandara Ahmad Yani dan Perumahan Graha Padma. Setiap akhir pekan atau hari libur, Pantai Maron selalu dipadati oleh pengunjung. Pantai Maron memiliki pemandangan yang indah dan eksotis serta cukup aman untuk berenang karena ombaknya yang tenang seperti halnya pantai pesisir utara Jawa, Berbeda dengan pantai selatan pulau jawa yang banyak mempunyai ombak besar.

Baca Juga  Wisata : Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia Yang Unik
Pantai Maron Semarang Jawa Tengah
Pantai Maron, Image by Instagram @dimaswisnuaditama

5. Simpang lima Semarang

Tempat wisata paling terkenal di Semarang adalah Simpang Lima Semarang.  Simpang Lima Semarang berada di antara Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Pahlawan. Termasuk juga alun-alun yang berada tepat ditengah-tengah persimpangan. Simpang Lima Semarang juga merupakan ikon khas Kota Semarang yang mudah diakses dengan banyak tempat kuliner, hotel, dan pusat perbelanjaan.

wisata simpang lima semarang
Simpang Lima Semarang, Image by Instagram @wisatasemarang

Pada hari Minggu pagi, Simpang Lima dijadikan area car free day dan setiap malam pergantian tahun selalu diadakan konser musik dan pesta kembang api di Simpang Lima Semarang.


Tagged , , , , , , ,

1 thought on “Tempat Wisata Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi

  1. Semaraaaaanggg. Ah jadi kangen sm semarang. Udah lama bgd nggak ke ke sni. Next insyaAllah smoga bisa mengunjungi destinasi wisata yg kece2 di semarang. Doakan ya, mbk? Matur nuwuuuunnn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *