Tips & Trik

Tips Menjadi Seorang Programmer Dari Seorang Blogger

Retnamudiasih.com – Kalau saat ini kalian sedang cari tutorial atau seluk beluk dunia programer yang hobinya ketak ketik huruf di keyboard *baca ngoding, lebih baik balik badan karena kali ini saya cuma pengen berbagi sedikit tips menjadi seorang programmer dari seorang blogger. Loh kok gak nyambung harusnya kan yang memberikan tips seorang programmer juga Na’? kebetulan dulu saya juga programmer tapi sekarang alih profesi jadi seorang blogger.

Pengalaman kalau dulu pernah ngoding bahkan sempat bercita-cita menjadi seorang programmer, tapi apalah, semua mimpi saya musnah dimakan usia. Saya rasa ilmu yang saya dapatkan selama kurang lebih 4 tahun di kampus dulu menguap bareng dengan toga kelulusan. Lol lah ekspektasi saya ketinggian waktu itu, sayangnya saya tidak punya tangga untuk mewujudkan mimpi itu, alhasil semua pupus dan yang tersisa tinggal laptopnya 😀


CYMERA_20150418_223527
Ini aku yang dulu mabok coding, tapi sekarang banting stir jadi seorang blogger, yeyyyy 😀

Oke fiks, luapkan! memang disini saya pengen meluapkan semua. Sebut saja amarilys karena mawar sudah terlalu ekstrim adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan swasta di kota Yogyakarta, mengambil kuliah di bidang IT dengan konsentrasi sistem informasi.Hampir setiap hari tugas kuliah numpuk dan semua itu berhubungan dengan script coding, well sungguh .

4th ditempa dengan dunia pengcodingan, membuat saya kenyang dan mabok bug and error, hampir tiap malam saya begadang demi tugas kuliah yang menumpuk serta beberapa tugas sebagai seorang asisten dosen, sudah benar-benar membuat saya semakin hidup, sering banget dulu ke kampus kuliah pagi gak mandi *abaikan.

Nah karena saya dulu sempat berkiprah didunia programmer, walau akhirnya belum sempet menjadi CEO php, yuii, atau apalah, gak papa setidaknya disini ada pengalaman atau tips yang bisa saya bagi dengan kalian. Tips menjadi seorang programmer dari seorang blogger, apa saja :

Baca Juga  Teknologi : 9 Layanan Short URL Gratis Terbaik

Sebagai programmer, ada baiknya dimulai dari sekarang untuk lebih serius meningkatkan ketrampilan pemrograman anda. jangan lupa pilihlah jenis pemrograman apa yang kamu suka, apakah itu berbasis WEB, Desktop atau mobile.

  1. Buatlah sebuah proyek mulai dari sekarang.
    kalau kalian memang berniat menjadi programmer mulai lah membuat proyek-proyek pembuatan aplikasi sederhana, jangan menunggu tugas dari dosen untuk membuat aplikasi. kalau memang kalian belum mengerti, jangan takut memulai dan mudah menyerah. sekarang ini tutorial atau cara membuat program bisa didapatkan dengan mudah, mulai dari buku atau pun website. yang terpenting adalah niat, usaha dan doa.semakin banyak pengalaman proyek kalian dalam membuat aplikasi, semakin mudah kalian diterima untuk bekerja sebagai programmer.
  2. Jangan menunggu lulus kuliah.
    beruntunglah kalian yang masih berstatus menjadi mahasiswa. karena kalian bisa mempersiapkan diri kalian untuk siap menjadi programmer yang hebat.walaupun nanti ketika pertama kali bekerja sebagai programmer di sebuah perusahaan, kalian akan mendapatkan pendidikan terlebih dahulu oleh perusahaan. tapi harus ingat, bahwa perusahaan bukanlah lembaga pendidikan dan perusahaan juga tidak mau membuang-buang waktu mendidik programmer dari nol.

Sedikit bocoran kalau kalian sudah pernah mengerjakan beberapa proyek pada saat menjadi mahasiswa. itu adalah modal penting sebagai portofolio kalian yang dapat dicantumkan kedalam CV kalian ketika melamar. dan tingkat ketertarikan perusahaan terhadap kalian akan lebih besar, peluang untuk diterima pun sangatlah besar . *perlu diingat, sebelum kalian dapat panggilan interview, perusahaan akan menyeleksi terlebih dahulu semua CV yang diterima oleh perusahaan. jadi portofolio yang kalian cantumkan pada CV, akan menjadi kunci penting untuk lolos ke tahap interview.

Ada sedikit bocoran ketika saya interview melamar menjadi seorang programmer disebuah perusahaan.
pihak perusahaan: di cv kamu, kamu sudah pernah membuat beberapa aplikasi. coba kamu jelasin aplikasi apa saja yg kamu buat.??? *bahasa pemrogramannya, database yg digunakan. kira-kira menggunakan framework atau tidak.
semakin kalian mengetahui tentang dunia programmer semakin besar kesempatan kalian diterima oleh perusahaan pilihan kalian.

Baca Juga  3 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif dengan Bahan Alami

Sekali lagi bagi kalian yang ingin menjadi seorang programmer, mulailah dari sekarang membuat proyek-proyek untuk modal nanti melamar menjadi seorang programmer pada perusahaan yang kalian suka. jangan menunggu sampai lulus karena kalian akan menyesal seperti saya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang ingin menjadi seorang programmer,semoga sukses selalu menyertai kita semua…. \^_^/


Tagged

6 thoughts on “Tips Menjadi Seorang Programmer Dari Seorang Blogger

  1. I see you don’t monetize your blog, i’v got idea how to earn some additional cash using one simple method, just
    search in google for – Ferdeck’s tricks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *