Wisata Alam

Wisata : 9 Tempat Ini Akan Membantu Kamu Menemukan Milky Way Terbaik di Indonesia

Retnamudiasih.com – Milky Way, barangkali ada yang belum tahu itu apa? dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Bima Sakti – berasal dari bahasa latin Via Lactea atau bahasa Yunani Galaxias yang artinya “susu”. Milky way ini adalah galaksi spiral yang memiliki 200-400 milyar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya.

Nah, di dalam galaksi Milky Way inilah terdapat sistem Tata Surya, yang di dalamnya terdapat planet Bumi. Galaksi Milky Way ini terlihat seperti pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit.

Jika Kita ingin melihat Milky Way, waktu terbaik untuk melihatnya adalah pada musim kemarau di kisaran bulan April – Agustus. Di saat malam cerah, Milky Way dapat dilihat dengan mata telanjang. Tetapi sayangnya Milky Way sukar untuk dilihat di kota-kota besar karena banyaknya polusi cahaya. 9 Tempat Ini Akan Membantu Kamu Menemukan Milky Way Terbaik di Indonesia :

1. Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta
Dari yang paling dekat, di sekitar pantai Gunung Kidul. Tak harus mendaki gunung untuk dapat melihat Milky Way. Di pantai-pantai di Gunung Kidul kita bisa melihat Milky Way. Sebut saja di Pantai Krakal, Pantai Kukup, dan Pantai Drini. Bagi yang nggak doyan mendaki gunung namun tetap ingin melihat Milky Way, pantai-pantai di Gunung Kidul ini dapat menjadi opsi.

pantai_gunung_kidul_yogyakarta_milkway
Sumber foto google

2. Gunung Gede, Jawa Barat
Kemudian ke Jawa Barat, tepatnya di Gunung Gede yang berada di Taman Nasional Gede Pangrango dan terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Di siang hari, suhu udara di Gunung Gede berkisar 18 derajat celcius sementara suhu puncak di malam hari bisa mencapai 5 derajat celcius .


Untuk melihat Milky Way, berkampinglah di alun-alun Suryakencana yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Sambil berkamping, Kita dapat menikmati langit malam yang dihiasi Milky Way.

Baca Juga  Pantai Meganti, Salah Satu Pantai Terindah di Kebumen
gunung_gede_jawa_barat_milkway
Sumber foto google

3. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Ini merupakan salah satu favorit saya, dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Milky Way di Indonesia. Dalam dingin yang menyelimut, Kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang dalam bentangan langit di atas Telaga warna, Candi Arjuna, Gunung Prau, Dieng ataupun di Bukit Sikunir.

dataran_tinggi_dieng_milkway
Sumber foto google

4. Gunung Bromo, Jawa Timur
Siapa yang tak kenal Keelokan Gunung Bromo yang sudah tersiar hingga ke berbagai penjuru dunia. Bukan saja hanya dapat melihat sunrise, sunset, dan hamparan pasir luas bak Gurun Sahara, di Gunung Bromo kita pun dapat melihat fenomena Milky Way.

Fenomena Milky Way di Gunung Bromo bahkan disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia. WOW…

gunung_bromo_milkway
Sumber foto google

5.Segara Anakan, NTB
Segara Anakan (artinya Anak Laut) adalah danau kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anakan adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Milky Way. Di sana kita dapat berkemah di tepi Danau Segara Anakan dan menikmati indahnya fenomena Milky Way di malam hari.

segara_anakan_ntb_milkway
Sumber foto google

6. Desa Wae Rebo, NTT
Masih di NTT, Kali ini Desa Wae Rebo yang juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Milky Way di Indonesia bagian di timur. Sudah pernah mendengar nama Desa Wae Rebo? Desa Wae Rebo ini terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Satarmese Barat, Desa Satar Lenda. Di Desa Wae Rebo, Kita dapat menjumpai tujuh buat rumah kerucut Flores yang dinamakan Mbaru Niang.

Walaupun di Desa Wae Rebo sudah ada listrik, namun Desa Wae Rebo masih cukup bersih dari polusi cahaya. Itulah sebabnya mengapa Milky Way dapat terlihat cukup jelas dari Desa Wae Rebo,NTT.

Baca Juga  Wisata : The Lost World Castle, Benteng Takeshinya Warga Jogja
desa_wae_rebo_ntt_milkway
Sumber foto google

7. Pulau Kepa, Alor, NTT
Nusa Tenggara Timur memang surganya Milky Way. Selain di Desa Wae Rebo, Kita juga dapat melihat Milky Way di Pulau Kepa, Alor. Pulau Kepa ini memiliki pantai berpasir putih dengan laut biru jernih yang menyimpan keindahan terumbu karang yang begitu indah dan masih alami.

Di malam hari, Kita dapat melihat kelap-kelip biru ratusan plankton di lautan. Keindahan kelap-kelip biru plankton itu bersanding dengan jutaan kerlip bintang dari Milky Way di langit malam. Dijamin Kita akan betah melihatnya semalaman.

pulau_kepa_alor_ntt_milkway
Sumber foto google

8. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru
Bagi para pendaki gunung, tentu pernah menjumpai Milky Way ditempat ini, Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau Ranu Kumbolo ini menjadi tempat transit bagi para pendaki dalam perjuangan mereka menaklukkan puncak Mahameru.

Di Ranu Kumbolo para pendaki dapat mendirikan tenda di dekat Danau Ranu Kumbolo dan di malam hari, mereka akan menyaksikan gugusan bintang Milky Way.

ranu_kumbolo_milkway
Sumber foto google

9. Tanjung Papuma
Terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 km arah selatan Kota Jember. Tanjung Papuma memiliki keindahan pantai nan eksotis. Pantainya berpasir putih, dengan batu-batu karang besar dan sebuah pulau karang di tengah laut yang dinamai Pulau Kodok.

Papuma sendiri merupakan akronim dari Pasir Putih Malikan. Di pantai ini memang terdapat batu-batu malikan yang dapat mengeluarkan bunyi serupa musik saat terkena ombak. Tanjung Papuma ini menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Milky Way.

tanjung_papuma_milkway

 


Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *