Wisata Alam

Belajar Memotret Landscape Di The Lost World Castle

Retnamudiasih.com – The Lost World Castle, merupakan salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang kabarnya sudah tidak beroperasi kembali a.k.a ditutup. Untungnya sebelum kemarin ditutup saya sempet kesana serta mengabadikan beberapa gambar serta bikin vlognya, jadi saya bisa berbagi cerita sedikit pada pembaca.

the_lost_world_castle4
The Lost World Castle tampak dari lkasi parkiran.

Untuk masuk kesana, tiketnya 30 K/orang plus bayar parkir 2.000/motor Seperti yang kita ketahui sebagian besar wisatawan yang datang kesini biasanya akan berfoto-foto dengan background bangunan dan pemandangan alam sekitar yang memang cukup menyegarkan mata. Kebanyakan wisatawan adalah mereka yang masih usia muda, biasanya datang kesini untuk berselfie ria di pelataran.


the_lost_world_castle1
Mandi aj belum, udah sampai The Lost World Castle 😀

Sebenarnya proses pembangunan Wisata The Lost World Castle sudah berjalan lebih dari satu tahun lamanya, namun hingga saat ini masih belum selesai juga. Tapi paling tidak saat ini bentuk bangunannya sudah mulai kelihatan seperti halnya bangunan benteng kuno yang ada di film-film.

****

Berhubung waktu kesana pagian, otomatis gak sempat mandi dulu..hahhaaa..Kalau biasanya saya sampai di Lokasi wisata langsung jepret sana sini, ini berhubung muka gak available banget, akhirnya kepikiran ngambil foto siluet, biar terlihat agak-agak drama gimana gitu. hahaha.

Berhubung foto siluet itu biasanya diambil ketika matahari terbenam atau pada sore hari dan ini masih pagi, akhirnya belajar memotret landscape saja lah. Sebenarnya The Lost World Castle bisa difoto dalam ormat landscape maupun portrait. Tapi saya memilih Format landscape agar memberikan kesan luas pada foto yang akan saya ambil.

Berikut ini beberapa tips agar kita dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi dalam pembelajaran kita untuk belajar foto landscape :

  • Memilih Waktu Yang Tepat
    Foto landscape ini sangat terpengaruh oleh pencahayaan. Oleh karena itu, memilih waktu yang tepat adalah tips utama agar kita mendapatkan pencahayaan yang terbaik. Berdasarkan tips dan sharing dengan rekan-rekan saya yang sudah lebih cakap, waktu paling tepat memotret di pantai adalah saat matahari agak condong. Sehingga kita akan mendapat side light, dan tidak terlalu keras.
  • Mempraktekkan Ilmu Komposisi
    Dalam landscape, komposisi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Pilih foreground dan background kita dengan baik, kemudian perhatikan juga rule of third. Hal ini bertujuan agar foto yang kita hasilkan tidak terlihat kaku.
  • Membawa Perlengkapan Tambahan
    Memotret di The Lost World Castle itu gampang-gampang susah mengingat medannya yang sebagian masih batu-batu. Ketika kita memilih foreground dan background, maka akan ada pencahayaan yang berbeda antara keduanya. Untuk itu kita memerlukan tambahan filter GND, atau juga tambahan filter CPL jika kita ingin meningkatkan contrast pada objek. (baca filter untuk fotografi landscape)
Baca Juga  Wisata : 9 Tempat Ini Akan Membantu Kamu Menemukan Milky Way Terbaik di Indonesia

Bisa juga ketika kita ingin mencoba foto slow speed, maka kita memerlukan tambahan filter ND dan tripod. Maka dari itu ketika kita akan menuju The Lost World Castle, jangan lupa untuk membawa perlengkapan-perlengakapan tambahan tersebut.

the_lost_world_castle2
Foto ini saya ambil dari sisi barat The Lost World Castle
the_lost_world_castle3
Kalo yang ini, dari sisi tenggara The Lost World Castle

Mungkin itu saja beberapa tips foto landscape yang dapat saya tuliskan di sini. Mungkin saya sendiri belum bisa mempraktekkannya dengan baik, tapi semoga saja teman-teman yang membaca post ini dapat menghasilkan foto yang baik. Kalau berhasil, jangan lupa di share di sini ya. Semoga bermanfaat!


Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *