Wisata Alam

Wisata : Berburu Matahari Terbit Di Kampung 7 KK

Retnamudiasih.com – Mungkin diantara kamu ada yang belum pernah mendengar tentang Kampung 7 KK, Kampung tujuh merupakan pemukiman warga Padukuhan Nglanggeran Wetan; tepatnya di timur lereng Gunung Api Purba (GAP). Sama halnya dengan Jogja yang istimewa dan unik, kampung 7 KK ini juga lho, mau tahu keunikannya?

Sesepuh kampung 7 KK Rejodimulyo (97) mengungkapkan, keunikan dari kampung tersebut terletak di jumlah Kepala Keluarga (KK) yang berjumlah 7 KK. Dari informasi yang berhasil dihimpun oleh KH, jumlah KK di kampung tersebut tidak bisa lebih dan tidak bisa kurang dari 7 KK.  Selalu ada yang pergi, setiap ada warga pendatang baru untuk tinggal di kampung ini, begitulah seterusnya. Nah selain unik nih, kampung 7 KK ini banyak digunakan orang-orang untuk berburu matahari terbit.

***


Matahari terbit atau sunrise merupakan moment yang paling banyak dicari oleh para traveller. Dan di Jogja tepatnya di kawasan Gunung Kidul ada satu tempat yang cocok buat kamu menikmati sunrise. Dimana itu? di kampung 7 KK, yang letaknya di Desa Nglanggeran.

Desa Nglanggeran merupakan kawasan dengan panorama eksotis untuk menikmati indahnya sunrise kota Jogja. Di kawasan ini karena terdapat sebuah gunung api purba, biasanya pada akhir pekan banyak para pemuda yang mendaki gunung ini hanya untuk menikmati sunrise yang indah dengan udara sejuk khas pegunungan.

Untuk mencapai Desa Nglanggeran ini diperlukan sekitar 25 Km dari pusat kota Jogja. Bisa ditempuh dengan kendaraan motor ataupun mobil. Jika kamu berada di pusat Kota Yogyakarta, untuk menikmati sunrise kampung 7 KK maka kamu harus berangkat sekitar jam 03.30 WIB agar kamu tidak terlewatkan moment indah yang membuat kamu mabuk kepayang *haisttt…

Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit dengan kecepatan 80KM/jam dari kota menuju tempat tujuan. Dan nanti kamu akan sampai di daerah wonosari, Gunungkidul. Yang mana sebenarnya tempat ini merpuakan surganya objek wisata di Jogja. Tapi sayangnya masih banyak spot atau tempat-tempat yang belum terekspos.

Baca Juga  Lubang Sewu Erorejo, Tempat Wisata Baru Di Wonosobo Yang Menarik Untuk Kamu Kunjungi

**

Setelah sampai di daerah Gunung kidul dan kamu siap mendaki. Maka sebaiknya kamu persiapkan diri dulu sebelum mendaki. Bawa kebutuhan untuk pendakian seperti senter dan air minum. Serta makanan ringan secukupnya untuk menemani selama pendakian. Peralatan ini dibutuhkan karena pendakian akan dimulai sejak kondisi masih gelap gulita. Kan kita ngejar sunrise, kalo kesiangan nanti ga dapat dong sunrisenya. hehe

Dan tentunya selama pendakian juga kamu akan menikmati aneka pemandangan alam yang eksotis. Dan jangan lupa untuk mengabadikan semua moment pendakian kamu. Taraaa…ini dia sunrise kampung 7 kk, Desa Nglanggeran.

bukit_7_kk1

bukit_7_kk2

Ayo berlibur ke Jogja dan menyaksikan sunrise nan indah di Desa Nglanggeran. Matahari berbentuk bulat sempurna, dengan warga oranye kekuningan, menyinari cakrawala yang indah mempesona, sebuah moment yang bikin lupa harga diri..ehhh 🙂


Tagged , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *