Napak Tilas, Wisata Alam

Wisata : Bunker Kaliadem, Dibalik Cerita Misteri Yang Kata Orang Ngeri

Retnamudiasih.com – Sudah pernah ke bunker Kaliadem blom gaes? saya udah, ngapain aja disana? kalau saya sih lebih mengexplore alam jalan-jalan. Ini kali kedua saya kesana. Dulu pertama kesana, nyesel karna kamera ketinggalan. Nah kali ini saya gak mau hal tersebut terulang.

Kalau kalian masih inget postingan saya di Museum Sisa Hartaku Merapi, sebenarnya ini masih sambungan dari cerita tersebut. Kalau kata orang Bunker Kaliadem ini banyak cerita misterinya. Setau saya memang dulu pernah ada yang meninggal di dalam Bunker tersebut, saat merapi meletus.

bunker_kaliadem5
Dulunya bunker itu digunakan sebagai tempat sembunyi saat lahar panas turun. Dan sempat ada dua relawan yang tewas karena terkena lahar panas di bunker itu. Suasana di dalam bunker Kaliadem memang begitu suram dan menyedihkan. 

Gambar diatas adalah pintu menuju Bunker Kaliadem, sebagai gambaran, didalam Bunker itu tidak terdapat lampu, hanya ada batu besar ditengah, serta kamar mandi dan ruang oksigen (semoga tidak salah lihat) kondisi didalam benar2 gelap, sehingga saya tidak berani berlama-lama.

img_20161215_105441_hdr_1481784138831


Kebayang kan? desa Kaliadem saat itu juga ikut porak poranda karena bencana letusan Merapi dahsyat pada tahun 2010 silam. Banyak korban juga saat itu. Kebayang juga nggak kejebak di dalam Bunker tersebut? ngeriiii…gak kebayang kalau saya..

****

Namun, dibalik cerita misteri yang kata orang ngeri tersebut, saya selalu seneng kalau diajakin kesini, karena apa? karena bisa melihat Gunung Merapi lebih dekat.

bunker_kaliadem6
Pose kurang sehat

Selain itu, meski ada yang pernah dengar suara orang menangis dalam Bunker Kaliadem tersebut, tapi saya melihat banyak pengunjung yang antusias datang kesini ko. Terlepas dari cerita “suara tangisan” didalam Bunker tersebut, namanya juga cerita , percaya atau enggak itu hak kamu.

bunker_kaliadem7
Pose normal
bunker_kaliadem2
Pose absurd

bunker_kaliadem4
Pose lelah

Lokasi Kaliadem

Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta.

Akses untuk sampai ke Kaliadem

Dari Yogyakarta berjarak sekitar 35 km ke arah utara menuju Kaliadem. Sampai saat ini belum ada transportasi umum untuk menuju ke tempat ini. Untuk itu disarankan untuk meggunakan kendaraan pribadi atau memakai jasa rental mobil untuk mengunjungi tempat ini sehingga dapat selain mengunjungi lava tour juga dapat menikmati obyek-obyek lainhya dengan mudah.

Baca Juga  [Part.3] Desa Wisata Jelok Gunung Kidul : Memuaskan Hasrat Berpetualang.

Fasilitas yang tersedia di Kaliadem

Wilayah Kaliadem telah ramai oleh warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan serta aneka souvenir bagi pengunjung.

bunker_kaliadem1

Apabila wisatawan berniat ingin bermalam di kawasan lereng Merapi maka dapat mencari penginapan murah di Kaliurang yang terletak di sebelah Barat Kaliadem. Ditempat tersebut juga banyak tersedia warung makan penjaja kuliner khas Kaliurang yaitu sate kelinci, Jadah dan tempe bacem. Tak jauh dari tempat tersebut terdapat beberapa obyek wisata menari seperti : Tlogo Putri, Taman Kaliurang dan Gardu Pandang Merapi.


Tagged , ,

2 thoughts on “Wisata : Bunker Kaliadem, Dibalik Cerita Misteri Yang Kata Orang Ngeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *