Wisata Candi, Wisata Candi & Budaya

Ini Panorama Candi Mendut

Retnamudiasih.com – Candi Mendut merupakan salah satu candi bercorak Buddha. Candi yang terletak di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, letaknya berada sekitar 3 kilometer dari candi Borobudur.

Penasaran kan, ada apa saja di komplek wisata Candi Mendut? Candi Mendut ini terletak di tepi jalan besar, jadi untuk mencari lokasinya tidak terlalu susah. Dari luar pagar, Candi Mendut tampak megah, berwibawa dan kesan purbanya terasa kental. Bila berkunjung saat sore hari menjelang mentari tenggelam akan terasa pesona magis.


candi_mendut_temple1
Candi Mendut tampak dari tepi jalan.

Untuk masuk ke area candi sendiri tarifnya cukup terjangkau, hanya 3.000,- saja kita sudah bisa menikmati panorama Candi Mendut. Tak hanya indah dari luar saja, jika kita masuk kedalam Candi, makan kita akan melihat arca yang ada di dalam bersinar bercahaya.

candi_mendut
Arcanya bersinar oy… 😀

****

Nah di bagian dalam terdapat 3 buah arca yang ukuranya lumayan besar, menurut informasi ketiga arca tersebut mulai dari yang paling kiri adalah Bodhisattva Vajravani, Budha Sakyamuni dalam posisi duduk bersila dengan tangan memutar roda dharma, dan Bodhisattva Avalokitesvara dalam posisi sedang memegang bunga teratai yang diletakkan di atas telapak tangannya.

candi_mendut_temple3
Panorama Candi Mendut

Saat ini, di depan arca-arca tersebut dipasang sebuah pagar besi untuk menghindari interaksi pengunjung yang berlebihan. hmm, jangan kaget ya kalau bau dupa saat berada di dalam , karena tempat ini masih dijadikan tempat ibadah oleh orang budha, selain itu di sekitar candi ada tempat kolo istilahnya dalam islam sih pesantren gitu, tapi tempat ini berisi pendeta-pendeta budha, kalo berada di kerumunan mereka serasa berada di film-film cina yang juga di sekeliling candi terdapat relief-relief yang saya sendiri tidak tahu arti dari relief tersebut.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Galeri Sang Maestro Di Museum Affandi
candi_mendut_temple2
Candi Mendut tampak megah dan indah 😀

Di bagian utara candi masih terdapat puing-puing candi yang tidak teratur bentuknya dan tergeletak begitu saja. Kemudian bagian selatan candi terdapat pohon beringin yang saya rasa cukup tua, mungkin sama ya dengan usia candi ini.

Oke gaes, kalau kamu sedang berada di Mungkid saat ini, jangan lupa mengunjungi Candi Mendut ini yaa….


Tagged , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *